BAHAN DASAR DAN FINISHING FURNITURE

A. BAHAN DASAR FURNITURE

1. PARTICEL BOARD

Material Interior Bahan dasar14

 

Particle board biasanya terbuat dari partikel sisa pekerjaan kayu seperti serbuk gergaji, potongan kayu kecil, serpihan kayu dan bahan kimia resin yang direkatkan dengan tekanan tinggi dan kemudian dikeringkan. Proses pengerjaannya kurang lebih hampir sama dengan MDF hanya saja bahan MDF lebih halus dan seragam, sedangkan untuk partikel board lebih kasar dan tidak beraturan.

Harga particle board adalah yang paling murah diantara kayu olahan lainnya. Musuh terbesarnya adalah air, sehingga mempunyai keterbatasan pemakaian di dalam peralatan rumah tangga. Jika bahan ini basah maka kekuatannya akan hilang. Selain itu, particle board juga dapat melengkung apabila menahan beban berat.

Sumber : http://www.jazidha.com/

 

NOTE:

BYZANTHIUM kuchen tidak mengaplikasikan material ini pada semua Product unit meubeler yang diproduksi

Mengapa?

– Baik struktur, Penyekat maupun dalam pembagi material ini tidak tahan terhadap lembab. ( terkena air Particel Board  akan Melar dan hancur)

– Masa Jenis Particel Board lebih berat dibandingkan dengan Triplek dan BlockBoard

2. Papan MDF ( Medium Density Fiberboard )

Material Interior Bahan dasar9

Kayu MDF terbuat dari serbuk kayu halus dan bahan kimia resin yang direkatkan dan dipadatkan dengan suhu dan tekanan yang tinggi. Kayu yang digunakan diambil dari kayu sisa perkebunan ataupun bamboo. Ini membuat MDF lebih ramah lingkungan. Bentuknya berupa papan ataupun lembaran yang siap dipotong sesuai dengan kebutuhan. Ada juga tipe HDF, perbedaannya terletak pada kepadatan dan kekuatannya. Kalau HDF (High Density Fibreboard). Kepadatan dan kekuatannya lebih bagus dibandingkan dengan MDF

Sumber : http://www.jazidha.com/

 

NOTE:

BYZANTHIUM kuchen tidak mengaplikasikan material ini pada semua Product unit meubeler yang diproduksi

Mengapa?

 – Baik struktur, Penyekat maupun dalam pembagi material ini tidak tahan terhadap lembab. ( terkena air MDF akan Melar dan hancur)

– Masa Jenis MDF lebih berat dibandingkan dengan Triplek dan BlockBoard

 

 3. PLYWOOD / MULTIPLEKS

Material Interior Bahan dasar1

 

Kayu lapis atau plywood merupakan kayu olahan yang biasa kita kenal dengan sebutan tripleks atau mutipleks. Kayu lapis dibentuk dari beberapa lembaran kayu yang direkatkan dengan tekanan tinggi. Ketabalanya pun bermacam – macam mulai dari yang ketebalannya 3 mm, 4 mm, 9 mm dan 18 mm dan luasannya 244 x 122 cm. Ketebalan plywood menentukan kekuatan dan kestabilannya.

Jenis kayu ini paling banyak digunakan sebagai material pembuat kitchen set, lemari, meja, dan tempat tidur. Oleh karena plywood mempunyai permukaan polos dan tidak memiliki serat yang khas maka kadang perlu diberi pelapis tambahan seperti:

– Venner (irisan kayu tipis)

– HPL

– Decoseet PVC

– Ataupun melaminto.

Harga kayu lapis lebih murah dibandingkan kayu solid tapi lebih mahal dari kayu olahan lainnya.

Sumber : http://www.jazidha.com/

 

NOTE:

BYZANTHIUM kuchen mengaplikasikan material ini pada posisi posisi struktur utama meubler. (Harus dan Wajib)

Contoh:

–   Penggunaan pada Bidang Lemari/Meuble yang berhubungan dengan bidang lembab (Lantai, Dinding KM, Ataupun Dinding yang berhubungan dengan dinding Luar Rumah)

4. BLOCK TEAK / BLOCK BOARD

Material Interior Bahan dasar8

Blockboard merupakan potongan kayu kotak kecil-kecil (sekitar 2.5–5cm) yang dipadatkan dengan sebuah mesin dan diberi pelapis venner di kedua sisinya sehingga menjadi sebuah lembaran menyerupai papan. Ketebalannya bisa mencapai 12 mm, 15 mm hingga 18 mm dan luasannya sama dengan multipleks.

Blockboard biasanya dibuat dari jenis kayu yang lunak sehingga tidak sekuat plywood. Harganya pun sedikit dibawah plywood. Jenis block board yang banyak tersedia adalah teakblok (memakai lapisan venner kayu jati). Jenis ini cukup baik untuk membuat rak, cabinet ataupun kitchen set.

Sumber : http://www.jazidha.com/

 

NOTE:

 BYZANTHIUM kuchen mengaplikasikan material ini pada fasad Luar, posisi pembantu dan pembagi struktur utama meubler.

Contoh:

–  Penggunaan Untuk Daun Pintu, karena karakter block board ringan dan Flat (Full Rata), sehingga dapat menghasilkan tampilan fasad luar yang rapih.

– Dan keuntungan berikutnya adalah Aksesories Fitting (engsel, Rel Laci dll) pada cabinet akan lebih awet, karena sifat dasar blockboard lebih Ringan.

– Penggunaan Penyekat dalam cabinet

– Rak Ambalan dalam cabinet

– Penggunaan pada pembagi Bidang yang Lebar dan panjang (Panel)

5. SOLID WOOD

Material Interior Bahan dasar5Adalah jenis bahan dasar meuble dan struktur rumah tinggal dan perlengkapan rumah tangga lainnya yang merupakan Murni Kayu balokan hasil pembelahan dari batang pohon  yang masih berupa gelondongan maupun persegi/batangan. Biasanya dijual dalam system kubikasi (M3). Jenisnya beragam: Kayu jati, kayu kamper, kayu merbau, kayu sungkai, kayu jati landa, kayu mahogany, kayu sawo, kayu nangka, kayu sono keling dan masih banyak lagi

NOTE:

BYZANTHIUM kuchen Jarang mengaplikasikan material ini pada Furnitur maupun Meubeler interior

 Alasan:

–  Harganya yang terlalu Mahal dan Nilai Produksi juga mahal.

–  Kecuali, Jika calon pembeli mengutamakan dari sisi nilai dan cita rasa Seni dan naturalisnya

 

B. BAHAN FINISHING FURNITURE

 

1. Laminated SUPERCON, Ketebalan = 0,4 mm

 2. Laminated TACO SHEET, Ketebalan = 0,6 mm

3. Laminated HPL, Ketebalan = 1 mm

 4. EDGING PVC, Ketebalan = 1 – 3 mm

 5. Laminated ACRYLIC, Ketebalan = 2 – 12 mm

 

6. Laminated BRONZE MIRROR, Ketebalan = 5 mm

 

7. Finishing MELAMIC COATING

 

8.Finishing DUCO COATING

 

9. Finishing RESIN LACQUER